Rumah 'Surga' Abah Jajang

Rumah ‘Surga’ Abah Jajang Before-After yang Kini Dipenuhi Stiker

Rumah Surga Abah Jajang yang terletak di Kampung Rawa Dewa, Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menyajikan pemandangan yang sangat indah. Saking indahnya, rumah Abah Jajang kerap di juluki memiliki pemandangan surga dunia.

Rumah abah Jajang di bangun pada 1995 dan di tempatinya hingga saat ini. Desain rumah tersebut terbilang cukup sederhana yaitu berupa rumah panggung yang terbuat dari kayu dan bilah bambu. Luasnya hanya 6×9 meter atau 54 meter persegi (m2) dengan 3 kamar tidur dan sebuah dapur yang masih menggunakan tungku tradisional dengan kayu bakar.

Hal yang menjadikan rumah ini istimewa yaitu pemandangan yang berada di sekelilingnya. Pada bagian depan rumah terdapat Curug Citambur, salah satu air terjun tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 130 meter. Di halaman depan rumah Abah Jajang juga terdapat halaman luas yang di hiasi rerumputan hijau dan berbagai macam bunga.

Sebelumnya, semua hal tersebut bisa di lihatnya dari balik jendela. Namun, kini hal itu tidak bisa di lakukan lagi karena pada kaca jendela rumahya di penuhi oleh stiker yang di tempel oleh wisatawan yang datang.

Baca juga: Rumah di Bawah Tanah Punya Warga Garut Ini Viral

Stiker-stiker itu tidak hanya di pasang pada satu jendela saja, melainkan di pasang pada empat jendela. Tak hanya menghalangi pemandangan dari dalam rumah. Stiker yang di pasang secara tidak beraturan itu juga merusak estetika bangunan rumah Abah Jajang. Abah Jajang mengatakan, stiker itu di pasang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan mereka sudah berkunjung ke Rumah Abah Jajang.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, menyayangkan perilaku oknum wisatawan tersebut. Sebab, pemasangan stiker tersebut membuat kekhasan dan keunikan rumah abah jajang berkurang. Ia mengatakan rencananya jendela tersebut akan di ganti dengan yang baru agar rumah abah jajang kembali seperti semula.

“Kacanya akan di ganti dengan yang baru. Nanti difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” ungkapnya.

Sebagai penggantinya, kata Herman, Pemkab akan membuat tempat khusus untuk pemasangan stiker dan ucapan kesan ataupun pesan selama berkunjung ke Rumah Abah Jajang.

“Nanti kita siapkan ruang khusus untuk pemasangan stiker atau menuliskan kata-kata terkait kunjungannya ke rumah Abah Jajang. Supaya tidak mengotori atau merusak keindahan rumah aslinya,” kata dia.

Tempat Wisata Horor

Tempat Wisata Horor di Jawa Barat yang Bikin Merinding

Tempat Wisata Horor – Provinsi Jawa Barat tidak hanya terkenal akan pemandangan alam, situs bersejarah, dan ragam kulinernya, tapi juga tempat tempat yang bisa di jadikan lokasi wisata horor. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, mengatakan bahwa obyek wisata mistis tengah di minati baru baru ini.

Di lansir dari Antara, Sabtu (18/6/2022), berikut lima tempat wisata horor dan mistis yang ada di Jawa Barat menurut Benny:

1. Rumah Pengabdi Setan

Rumah tua lokasi syuting film Pengabdi Setan di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangelengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/1/2018). Belakangan rumah ini menjadi ramai di kunjungi wisatawan yang penasaran dengan lokasi syuting film garapan Joko Anwar.

Rumah Pengabdi Setan sebenernya merupakan lokasi syuting film Pengabdi Setan yang di sutradarai oleh Joko Anwar. Di dalam film yang di rilis pada tahun 2017 ini, para karakter utama yang merupakan sebuah keluarga tinggal di rumah tua.

Pada zaman dahulu, rumah ini di fungsikan sebagai rumah dinas pimpinan perkebunan teh yang saat ini di kenal sebagai PTPN VIII. Wisatawan bisa mendatangi rumah yang tidak lagi di huni ini. Jam bukanya 24 jam dan harga tiket masuknya mulai dari Rp 10.000

2. Kamar 308

Di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terdapat sebuah hotel yang dulunya bernama Samudera Beach Hotel. Penginapan yang kini di kenal sebagai Grand Inna Samudra Beach di dirikan pada tahun 1962, serta di resmikan pada tahun 1966. Di hotel itu, terdapat sebuah kamar yang di khususkan untuk penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul

Awalnya kamar nomor 720 yang di sediakan untuk Nyi Roro Kidul. Namun, tiga bulan kemudian, berubah menjadi kamar nomor 308.  Kamar nomor 308 pun pernah di angkat ke layar lebar melalui film 308 yang di sutradarai oleh Jose Poernomo dan di rilis pada tahun 2013.

Baca Juga : Rumah di Bawah Tanah Punya Warga Garut Ini Viral

3. Goa Sunyaragi

Bangunan cagar budaya Goa Sunyaragi di dirikan oleh cicit Sunan Gunung Jati kira kira pada abad ke 16 . Meski namanya gua, namun bangunannya lebih mirip seperti sebuah candi dari batu batu karang. Goa Sunyaragi berada di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Terdapat mitos terkait Goa Sunyaragi yang tersebar di masyarakat, yaitu anak perawan dilarang menyentuh tunggul batu patung Perawan Sunti yang ada di tengah kolam.

4. Goa Miring

Jika berwisata ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kamu bisa mendatangi Goa Miring yang berlokasi di kawasan cagar alam Pangandaran. Gua ini di sebut Goa Miring karena wisatawan yang ingin menjelajahi gua ini harus memiringkan badanya.

Di dalam gua, terdapat batu yang bentuknya terlihat seperti pocong, kuntilanak, tengkorak. Adapun batu tersebut sebenernya merupakan stalaktit yang menggantung, sehingga memberi kesan tersendiri

5. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Fungsi jembatan ini adalah menghubungkan Desa Panyingkiran di Kabupaten Ciamis dengan Kecamatan Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya.

Tidak hanya itu, jembatan yang berada sekitar 66 meter di atas Sungai Citanduy ini juga menjadi jalur alternatif dari Tasikmalaya menuju Ciamis dan sebaliknya. Jembataan Cirahong memiliki kisah mistis yang beredar di masyarakat. Salah satunya mengenai sepasang pengantin yang di jadikan tumbal di beton penyangga jembatan

5 Wisata Jawa Barat

5 Wisata Jawa Barat Populer Bagi Wisatawan

5 Wisata Jawa Barat – Liburan memang butuh banget buat lepasin penat setelah bekerja keras. Liburan ke pantai atau pegunungan bisa melepas penat lho! Salah satu provinsi yang memiliki berbagai macam keindahan alam adalah Jawa Barat. Jawa Barat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan. Wisata alamnya yang mempesona, mulai dari pegunungan hijau, pantai eksotis, serta danau-danau indah menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Jawa Barat juga kaya dengan budaya lokal yang unik dan kulinernya yang lezat, menjadikannya sebagai destinasi wisata lengkap yang menarik dan memuaskan bagi wisatawan.

Jawa Barat Menjadi Salah Satu Provinsi Tujuan Wisatawan Terbanyak

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, ada 734,86 juta kunjungan wisatawan nusantara di Indonesia pada 2022. Jumlahnya naik 19,82% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 613,30 juta kunjungan. Berdasarkan tujuannya, pada tahun 2022 Jawa Timur merupakan provinsi yang paling banyak dikunjungi turis lokal yaitu sebanyak 198,91 juta perjalanan wisatawan. Jawa Barat menduduki posisi kedua sebagai provinsi yang paling banyak dikunjungi turis lokal yaitu sebanyak 128,66 juta perjalanan. Provinsi yang paling banyak dikunjungi berikutnya adalah Jawa Tengah, yaitu sebanyak 103,99 juta perjalanan wisatawan.

Jumlah pengunjung ke objek wisata Jawa Barat meningkat setiap tahunnya, tapi pada tahun 2020 mengalami penurunan, yaitu sebanyak 23 juta pengunjung dikarenakan penyebaran Covid-19 juga diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu meningkat kembali sebanyak 28 juta pengunjung di tahun 2021.

Setiap Kabupaten atau Kota di Jawa Barat memiliki daya tarik wisatanya masing-masing. Misalnya Kabupaten Pangandaran dengan pantainya yang indah atau Kabupaten Bandung Barat dengan wisata pegunungannya yang sangat menyejukkan hati juga pikiran.

Ada banyak tempat wisata di Jawa Barat yang bisa kamu explore. Apalagi Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap. Mulai dari pegunungan, pantai, hingga air terjun. Bahkan, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Barat memiliki destinasi wisata unggulannya masing-masing. Berikut ini rekomendasi wisata Jawa Barat terpopuler bagi wisatawan

Baca Juga : Tugu Juang Siliwangi yang Terlupakan di Bandung Selatan

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan salah satu air terjun yang berada di Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Curuug Cikaso ini salah satu hidden gems lho, cocok banget buat kamu yang ingin melepas penat. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun 3 lintasan yang indah, bersih dan jernih. Selain itu di dukung dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan dari keindahan alam sekitarnya dan percikan air di sekeliling air terjun tersebut. Curug Cikaso ini mempunyai ketinggian tebing dengan lebar sekitar 100 meter dan tingginya hamper 80 meter. Air yang turun bergantung pada tingginya debit air, kolam dan airnya akan terlihat biru kehijauan karena ganggang yang tumbuh didalam kolam jatuhnya air tersebut. Beuuhh! sejuk dan indah banget pokoknya!

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan hutan konservasi yang terletak di Kota Bandung. Orang Bandung pasti udah tau banget wisata yang satu ini ya?

Buat kalian yang pengen healing tapi gak pengen jauh-jauh, kalian bisa datang dan jalan-jalan ke taman hutan raya satu ini. Kalian bisa menyusuri hutan ini dengan berjalan kaki, atau dengan menggunakan sepeda. Kalian bisa mengunjungi Goa Jepang dan Goa Belanda hasil peninggalan di masa penjajahan. Selain itu, kalian juga akan menemukan penangkaran rusa hingga air terjun Maribaya. Hayu ah gasskeun weekend ini?

3. Tebing Keraton

Menikmati keindahan alam Kota Bandung dari ketinggian bisa kamu rasakan dengan berkunjung ke Tebing Keraton. Ditambah dengan pemandangan gunung tangkuban perahu bikin keindahan area ini bertambah. Jaraknya gak jauh dari Taman Hutan Raya Djuanda kok. Kalau kamu datang nya pagi, kamu bisa melihat lautan kabut yang menutupi area hutan raya. Indah banget pokoknya!

Cocok banget buat melepas penat, dengan melihat alam yang hijau bisa membantu kamu mengurangi stress akibat rutinitas dan pekerjaan. Jalan-jalan kesini juga bisa ajak si doi lho..

4. Green Canyon Pangandaran

Salah satu wisata alam Jawa Barat yang paling menarik wisatawan adalah Green Canyon Pangandaran. Kawasan dengan ekosistem batuan kapur yang berpori ini punya keanekaragaman hayati dan kekayaan ekosistem yang sangat indah dan alami. Salah satu ciri yang sangat menonjol dari Green Canyon adalah memiliki banyak gua dari hasil proses bentukan alam dengan pemandangan yang unik. Selain itu, Green Canyon juga memiliki perairan yang masih sangat jernih, berwarna biru kehijauan yang sangat memanjakan mata.

5. Geopark Ciletuh 

Destinasi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Geopark Ciletuh. Satu – satunya geopark di Jawa Barat sekaligus yang pertama dan yang ke tiga di Indonesia. Kawasan geopark ini memiliki luas mencapai 126.100 hektar yang meliputi delapan kecamatan dan 74 desa. Pada tahun 2018, Geopark ini sudah diakui oleh UNISCO sebagai warisan dunia yang harus dirawat dan dijaga. Kalau kamu mau berkunjung ke Geopark Ciletuh luangkan waktu 3 sampai 4 hari supaya bisa lebih leluasa untuk explore destinasi wisatanya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil cuti untuk healing kesini guys!